Tips merawat burung cendet cepat bunyi

Di posting oleh Robai Syn pada 02:32 PM, 19-Sep-13

Di: Burung , Tips & Info

Asalamualaikum...
pada hari ini saya akan berbagi sedikit tips bagi penggemar burung, tentang Tips cara merawat burung cendet agar cepat bunyi. Untuk merawat burung cendet / pentet agar cepat bunyi sebenarnya cukup mudah. Asalkan kita ulet / telaten dalam bahasa jawanya. Berikut saya terangkan tentang perawatan saya yang terbukti manjur.

Burung Cendet / Pentet.cendet.jpg

Hal utama dalam merawat burung cendet ini adalah jangan terlalu memanjakan burung ini, karena dapat menjadi malas bunyi. Untuk perawatan sehari-harinya cukup mudah tidak serepot seperti murai batu & anis (punglor).

Penjemuran di lakukan dengan rutin setiap hari pagi dan sore. Setiap pagi jam 06:00 burung di angin"kan dahulu sampai 07:00. Lalu burung di mandikan dengan spray atau mandi karamba sesuai kebiasaan. Namun alangkah baiknya mandikan dengan karamba, agar mempermudah kita untuk membersihkan sangkar dan tidak membuat takut burungnya.

Setelah itu kita jemur burungnya di bawah jangan di gantang & perlu ingat kosongkan cepuk tempat voer , jangan di beri EF dulu. Penjemuran di lakukan minimal 1setengah jam tergantung cuaca juga.

Setelah burung di jemur lalu kita angin"kan sekitar 30 menit di tempat yang teduh dan jangan lupa beri jangkrik 3-4 ekor taruh pada cepuk. Jangan beri jangkrik secara langsung karena burung cendet mudah manja / malas. Beri kroto setiap satu minggu sekali.

Setelah di angin"kan burung di kerodong kembali sampai sore atau jam 15:00 / jam 3 sore. Kemudian burung kembali di jemur sekitar 30 menit maksimal 1 jam. Setelah itu Burung kembali di angin"kan dan jangan lupa beri 2-3 jangkrik pada cepuk.

Sekitar jam 18:00 / jam 6 sore burung di kerodong dan siap di mastering. Untuk memberikan suara master pada burung cendet bisa memakai suara lewat cd ataupun mp3 dari hp. Karena burung cendet tergolong burung yang cukup cerdas.

Burung cendet akan cepat tangkap dengan suara di sekitarnya, jadi memang tidak susah untuk memasteri burung cendet. Jika berbicara dengan voer, saya sendiri menggunakan voer topsong. Bukanya saya promosi voer topsong memang voer yang cukup bagus untuk burung seperti cendet , kacer , terocok dsb. Yang penting ganti voer tiap 2 hari sekali.

Perawatan ini sudah saya buktikan sendiri, dan burung saya memang terbilang cukup bagus dengan cara perawatan seperti itu. Untuk bertarung pun burung saya tak pernah kalah. Tapi sayang burung mati duluan sebelum saya ikutkan latberan. Hanya karena semut burung saya mati, hmm padahal sudah di tawar teman dengan harga 700.000 pada tahun 2011.

Nah semoga tips di atas bisa bermanfaat buat kalian yang ingin mencoba perawatan ala Robai syn hehe biggrin pede amat yah saya. Saya mohon pamit dulu, akhir kata wasalam.

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

36 tanggapan untuk "Tips merawat burung cendet cepat bunyi"

Robai Syn pada 02:38 PM, 19-Sep-13

Pertamax
http://synwap.mywapblog.com/tips-merawat-burung-cendet-cepat-bunyi.xhtml

David Azer pada 02:44 PM, 19-Sep-13

burung trus yang di urusin kang ...

Hehehehe biggrin

AS JankZz pada 03:19 PM, 19-Sep-13

burungku mana???

Hehehe

Duan pada 03:40 PM, 19-Sep-13

Wah jangan terlalu d'manjakan.. Hahaa biggrin
Sama halnya seperti manusia, kalau sering d'manjakan pasti bakalan jadi anak pemalas.. biggrin
Nice tips kang,, psti bnyak pecinta burung yang nyari tips ini,,ixixixi

Robai Syn pada 03:48 PM, 19-Sep-13

@Duan,
Hehee, thanks..
Mudah"an yah biggrin

GieMwb pada 04:26 PM, 19-Sep-13

kang robai lagi suka burung nih,,
infonya tentang burung terus,,,
numpang nyampah boss::
DI CARI PESERTA ATAUPUN TIM SPONSOR
UNTUK KONTES CSS MYWAPBLOG DI TEMPAT SAYA..
AYO BURUAN

Ilman putra newbie pada 04:42 PM, 19-Sep-13

makasih caranxa mas om,
sekarang sdah bisa...smile

Patih Bathik Madrim pada 05:25 PM, 19-Sep-13

aku pernah merawat cendet dua ekor mas..' eeee malah kepidak pas aku dandan motor, cat..cit...cat...cit.. Ternyata malah ng mburiku..? Mari aku ngadek, tros arep melangkah, lah dalah, malah cendete kepidak siji.

Di lain waktu, seng siji di ciak kocing mas..? Owalah nasibe cendet jan uwelik banget ra mas..?

DEDIPEDIA pada 08:19 PM, 19-Sep-13

Gak pernah rawat burung laen..

Burung kacamata cukup biggrin

Cosmo pada 08:27 PM, 19-Sep-13

Haha, ini cukup
RAWATLAH BURUNG MU SENDIRI, cheesy-grin

Komentar-mu di blog ku + balasan
kamu@
Hahaa,
saya kok di ikutin sih.
saya kan gak bsa bikin css,
ngumpet dikit ah, hehee biggrin
aku@ faktanya gitu kok mas, hhe smile

Save Indonesia pada 09:10 PM, 19-Sep-13

Wah, ndak punya cindet mas

REZ п ЯESPECT pada 09:11 PM, 19-Sep-13

Jiahh sangat berpengalaman sekali bung!! Tapi ane cukup duduk manis dan meloTOT ajje biggrin...

Robai Syn pada 09:38 PM, 19-Sep-13

Cosmo@,
Kwakwakwak
biggrin

Widhie samboja info pada 10:01 PM, 19-Sep-13

W gak punya burung y kang biggrin .mampir ke rumah w juga yah wink

很汇么山工刃父 pada 10:46 PM, 19-Sep-13

Gk punya burung keg gitU
punya ny' burung hantU

Follow Me pada 11:07 PM, 19-Sep-13

Assalamu'alaikum wr.wb
blog ane hadir berkunjung gan

MANTAB tips nya

jika ada waktu, berkunjung keblog ane yah gan^_^
http://ccr1919.mywapblog.com/kumpulan-kata-kata-motivasi-love-life.xhtml

Ilman putra newbie pada 11:15 PM, 19-Sep-13

absen malam mas om.

Ahmad Arzaha pada 05:49 AM, 20-Sep-13

gak pelihara burung sob biggrin kunbalnya ditunggu lol

Tema s60v3 pada 07:45 AM, 20-Sep-13

ane udah foollow sob , ditunggu follbak secepatnya biggrin

Mat Ali pada 08:27 AM, 20-Sep-13

Mkasih tips x sob smile

iiyiieyiiex pada 09:08 AM, 20-Sep-13

saya punya burung tapi bukan burung cendet kang melainkan burung hantu dapet dari kebun heheee
biggrin
becanda kang saya ngga punya peliharaan burung cuma ada burung yang bisa menghasilkan anak wkwkwk
cry

Robai Syn pada 09:13 AM, 20-Sep-13

@iiyiieyiiex,
Hahaa,
Itu mah buaya buntung kang kwkwkwkwk

Ibnu pada 09:15 AM, 20-Sep-13

Owalah ba'i , miki wis tak woco nduwur tekan ngisor, apik , komplit nganti tekan masalah merk pur pakan, lha tapi kok sidane mati wkwkwk kawus biggrin dirubung semut ta berarti kurang telaten

Robai Syn pada 09:24 AM, 20-Sep-13

@Ibnu,
Dudu kurang telaten kang tapi teledor akune,
Manuke mati pas tak tinggal lunga ora ngerti yen di rubung semut..
Hahaa

Ilman putra newbie pada 09:50 AM, 20-Sep-13

ana gak pnya peliharaan burung mas om,

ska kasihan sama burung nya....
gak bebas...
mending biarin di alam bebas......hehe

KEBAKKRAMAT pada 01:46 PM, 20-Sep-13

Komentar ke 26, soal burung belum paham bang, thanks ilmunya.

Kiritokun pada 02:33 PM, 20-Sep-13

Keren s0b smile
Nice post s0b smile
dtnggu kunbal,a wink

Aulia Rahman pada 03:42 PM, 20-Sep-13

saya kagak mumet masalah.. Merawat burung sob.. Tapi kalo burung dlm celana saya ahli.. Maininya...smile wkwkwk just kidding

New Post : Dasar Css | Pengenalan
Margin & Padding Serta
Cara Penulisan &
Penyingkatanya

salam super smile

Gatricks pada 10:22 PM, 02-Oct-13

Ane paling suka rawat brung cendet, tips manfaat

Aul Sii LéCèK pada 04:16 PM, 22-Oct-13

mantap men. .
ak mank nyari tips merawatx men. .



¤ Salam Lecek ¤

Aul Sii LéCèK pada 04:17 PM, 22-Oct-13

klo sempat kunbal ya men. .

unyil pada 11:18 AM, 24-Oct-13

Boleh di coba tuh.......

Buku Kicau pada 08:52 AM, 13-Dec-13

mntaaaap inponya..
jgn lupa mampir ya ksni >>>>>http://bukukicau.blogspot.com/

abidin pada 07:30 AM, 20-Apr-14

,tipz mrwat cndet yg suaranya krg fit,agar bsa kras,dan rjin bnyi gmana sop...

muhammad hamdani pada 09:48 AM, 22-Apr-14

Wah Trima kasi

jalal pada 06:27 PM, 02-Jun-14

burung cendetku galak banget kalo dideketin gmn caranya agar mudah jinak trims.

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Email:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar